INDOSAT & AEROMOBILE KERJASAMA LAYANAN KOMUNIKASI SAAT PENERBANGAN

Pertama di Indonesia :
Pelanggan Matrix Tetap Dapat Berkomunikasi Suara, SMS dan Data Saat di dalam Penerbangan Pesawat di Luar Negeri

Jakarta, 21 Juli 2009 – Indosat menjadi operator pertama di Indonesia yang memberikan keleluasaan berkomunikasi seluler kepada pelanggannya saat berada dalam penerbangan pesawat udara di luar negeri melalui layanan AeroMobile. Untuk sementara layanan ini dapat dinikmati oleh pelanggan Matrix Indosat dimana dengan layanan AeroMobile ini mereka dapat tetap melakukan percakapan, mengirim dan menerima SMS serta berkomunikasi data baik melalui ponsel maupun BlackBerry saat mereka melakukan penerbangan dengan maskapai Emirates Airlines dan Malaysia Airlines di luar negeri. AeroMobile sendiri merupakan operator yang memberikan layanan mobile pertama di dunia selama penerbangan pesawat udara, dimana layanan ini telah mulai dikomersialkan dalam penerbangan di maskapai Emirates Airlines pada bulan Maret tahun lalu.

“Hadirnya layanan Aeromobile ini merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan manfaat yang lebih kepada para pelanggan Matrix berupa keleluasaan berkomunikasi selama di dalam penerbangan udara. Hal ini sekaligus juga memperkuat posisi Indosat sebagai perusahaan pelopor yang selalu menghadirkan inovasi layanan bagi pengguna seluler di Indonesia,” demikian disampaikan Johnny Swandi Sjam, Direktur Utama Indosat, di acara penandatanganan MOU Kerjasama Perjanjian Roaming Internasional antara Indosat dengan AeroMobile.

Dengan kerjasama ini pelanggan Matrix Indosat yang telah memiliki fasilitas roaming internasional dapat menikmati layanan ini saat menggunakan beberapa maskapai penerbangan antara lain Emirates Airlines dan Malaysia Airlines. Menyusul segera melalui maskapai Saudi Arabian Airlines, Virgin Australia Airlines dan Qantas Airways.

“Kami sangat gembira dapat bekerjasama dengan Indosat, dalam upaya kami untuk memberikan layanan komunikasi dalam penerbangan sehingga mereka tetap dapat terhubung dengan setiap orang di belahan dunia melalui fasilitas komunikasi dalam pesawat (in-flight communication). Kerjasama ini akan menjadi solusi terhadap permintaan komunikasi dalam pesawat yang semakin tinggi,” demikian disampaikan Stein Gudbjorgsrud, Director of Regulatory Affairs AeroMobile.

Selama dalam penerbangan di luar negeri, para pelanggan Matrix dapat berkomunikasi dengan aman, karena layanan ini menggunakan teknologi yang telah mendapatkan persetujuan penuh dari European Aviation Safety Agency dan juga otoritas aviasi sipil di setiap negara asal maskapai-maskapai tersebut. Sistem yang digunakan dalam layanan AeroMobile sendiri telah didesain sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu sistem dan sub-sistem penerbangan (aircraft). Sistem juga tidak akan mengganggu sistem telekomunikasi di luar pesawat (di darat). Sistem pengontrolan yang dilakukan terhadap semua ponsel dalam penerbangan tersebut dioperasikan dengan tingkat tenaga (power) minimum.

Secara teknologi, selain untuk layanan suara dan SMS, AeroMobile mendukung komunikasi data melalui GPRS untuk mendukung layanan BlackBerry dan push email yang lain termasuk lampiran email. Komunikasi data GPRS ini dikembangkan AeroMobile dengan kapasitas khusus (unik) untuk mengoperasikan BlackBerry dan layanan email menggunakan sistem satelit Inmarsat.

Untuk dapat menikmati layanan ini, para pelanggan Matrix tidak perlu mengajukan permohonan berlangganan seperti layanan lain. Cukup dengan menghidupkan ponsel dan pelanggan dapat menikmati layanan tersebut. Petunjuk penggunaan layanan ini akan dijelaskan secara rinci oleh para pramugari/a dalam perjalanan udara tersebut. Selain itu, para pramugari/a akan menginformasikan waktu yang diijinkan untuk melakukan komunikasi dalam pesawat. Penggunaan layanan ini tidak dikenakan biaya berlangganan, selain biaya pemakaian sesuai tarif roaming internasional yang berlaku. Biaya komunikasi tersebut akan ditagihkan pada surat tagihan pelanggan, sehingga tidak ada biaya tambahan yang harus dibayar dalam perjalanan tersebut.

Tentang Indosat
Indosat adalah penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan jasa selular (Mentari, Matrix dan IM3), jasa telekomunikasi tetap atau jasa suara tetap (seperti jasa SLI yaitu SLI 001, SLI 008 dan FlatCall 01016, jasa fixed wireless yaitu StarOne dan Indosat Phone). Indosat juga penyelenggara jasa data tetap (MIDI) bersama-sama dengan anak perusahaannya yaitu, Indosat Mega Media (IM2) dan Lintasarta. Indosat juga menjadi pelopor penyedia layanan seluler 3.5 G dengan teknologi HSDPA untuk pascabayar maupun prabayar. Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT) dan saham dalam bentuk American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York (NYSE:IIT).

Tentang AeroMobile
AeroMobile Limited merupakan perusahaan yang berbasis di Inggris dan mayoritas saham dimiliki oleh Telenor ASA, perusahaan telekomunikasi terbesar ke-7 di dunia. Sejak 2003, AeroMobile terus berusaha untuk mengembangkan layanan yang aman bagi para penumpang yang memiliki ponsel dan PDA dalam merespon kebutuhan pasar. Sebagai pemimpin pasar, AeroMobile memberikan layanan internasional pada April 2007 saat Qantas secara komersial meluncurkan in-flight mobile technology. Sistem AeroMobile dengan sukses diujicobakan oleh Qantas melalui lebih dari 1,000 penerbangan domestik Australia, saat layanan SMS GSM dan GPRS data services ditawarkan kepada para penumpangnya. Qantas berkomitmen untuk mengaplikasikan sistem layanan tersebut pada maskapai-maskapai penerbangannya. Pada Maret 2008, sistem AeroMobile memungkinkan panggilan telpon dalam pesawat yang diluncurkan dalam penerbangan komersial bagi penumpang Emirates Airlines. Saat ini layanan tersebut telah digunakan pada maskapai-maskapai Emirates.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi
Bell Pottinger Public Relations.
Steve Double on 0044 (0)207 861 2449 atau Charlie Hampton on 0044 (0)207 861 2431
AeroMobile Limited, Pegasus Three, Pegasus Place, Gatwick Road, Crawley, West Sussex, RH10 9AY United Kingdom, Tel: +44 (0) 207 193 9577, Fax: +44 (0) 1293 562 472, Registered No: 05385043, registered in England and Wales.

%d bloggers like this: