INDOSAT UMUMKAN 21 FINALIS IWIC 2009

Jumlah dan Kualitas Karya  Inovasi  Finalis  Makin Meningkat
 

Jakarta, 3 November 2009 – PT Indosat Tbk (Indosat) hari ini mengumumkan 21 finalis Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2009, sebuah kompetisi INOVASI yang diselenggarakan Indosat di bidang teknologi WIreless. Para juri yang terdiri dari Tim Penilai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Prof Suhono Haryosupangkat (Guru Besar Teknologi Informasi ITB), AW Subarkah (wartawan senior Kompas), Pamungkas Tris Hadiatmoko (vendor telekomunikasi) serta Tim Business Development Indosat dan Tim Gaming & Content Indosat akhirnya memutuskan 21 karya dan nama sebagai finalis dari hampir 300 karya yang masuk dari 2 kategori dan 4 sub kategori yang dikompetisikan, termasuk sub-kategori terbaru yaitu Android based Application.
 

Proses seleksi dan tahapan penjurian hasil karya peserta IWIC 2009 dimulai setelah penutupan penerimaan karya lomba pada 20 Oktober 2009 serta berlangsung cukup ketat sejak  26 Oktober 2009 lalu. Para finalis generasi muda yang sangat inovatif dan kreatif dengan berbagai hasil karyanya di bidang teknologi wireless Indonesia ini selanjutnya akan mengikuti babak final yang akan diselenggarakan pada 19 November 2009 yang akan dilanjutkan dengan acara pengumuman dan penyerahan hadiah pada hari yang sama .
 

“Kami sangat senang melihat respon dan antusiasme public terutama dari kalangan generasi muda yang tertarik untuk mengikuti kompetisi IWIC 2009 ini. Banyaknya karya  yang masuk dan kualitasnya yang makin meningkat  menunjukkan bahwa  Indonesia memiliki potensi, kemampuan dan keahlian untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan industri wireless di Indonesia,” demikian disampaikan Adita Irawati, Group Head Corporate Communications Indosat.
 

Dengan mengambil tema “Innovation, Research and Developing Entrepreneurship in Wireless Business”, kompetisi IWIC 2009 yang diselenggarakan untuk ke-4 kalinya ini bekerjasama dengan BPPT  sebagai penasehat (advisor) program sekaligus anggota tim penilai, khususnya untuk kategori Research and Development Competition, serta Inkubator Industri dan Bisnis ITB sebagai mitra pengembangan kewirausahaan khususnya bagi kategori mobile wireless application. Kemitraan ini diharapkan dapat menambah value program IWIC dengan hasil kompetisi yang makin berkualitas. 
 

Adapun nama-nama para finalis dapat dilihat dalam lampiran fact sheet.
 

Ajang IWIC 2009 ini diselenggarakan dalam 2 kategori, yaitu kategori Mobile Wireless Application dan Research and Development in Wireless Technology.
 

Mobile Wireless Application ditujukan bagi perorangan atau individu, mahasiswa dan masyarakat umum dengan beberapa sub kategori :

  • Business and Commerce, aplikasi yang terkait langsung dengan lingkup bisnis dan komersial, seperti: aplikasi dalam mobile advertising, mobile tracking and navigation, mobile payment, dll
     
  • Social Networking, aplikasi yang terkait dengan aktifitas jaringan sosial, misalkan pengembangan dari aplikasi jaringan sosial yang telah ada (advance social networking, instant messaging, etc)
     
  • Learning and Education, aplikasi yang terkait aktifitas pendidikan, seperti: aplikasi untuk mobile learning, dll.
     
  • Android Based Application, aplikasi untuk aktifitas business dan commerce berbasis platform android, seperti unified communication, mobile advertising, mobile tracking & navigation, mobile payment, maupun yang terkait dengan kegiatan traveler/ roaming

 

Para nominator nantinya akan berkesempatan untuk mengikuti program inkubasi kewirausahaan di bidang wireless yang bekerjasama dengan pihak Inkubator Industri dan Bisnis ITB.
 

Sedangkan kategori kedua yaitu Research and Development for Wireless Technology, para peserta membuat konsep atau proposal lengkap mulai dari metodologi hingga rencana pengembangan yang akan diimplementasikan terkait teknologi wireless. Kategori ini ditujukan bagi kelompok (maksimum beranggotakan 3 orang) yang terdiri dari dosen dan/atau mahasiswa S1/S2/S3 yang mewakili universitas atau perguruan tinggi.
 

Indosat telah mempersiapkan berbagai apresiasi bagi karya inovatif ini, yaitu hadiah total ratusan juta rupiah beserta perangkat gadget paling mutakhir untuk kategori Mobile Wireless Application. Sedangkan bagi para pemenang Research and Development in Wireless Technology akan mendapatkan Dana Riset senilai total 500 juta rupiah. 
 

Untuk memberikan wadah berkomunikasi sekaligus menjadi pusat informasi tentang berbagai hal terkait program IWIC, peserta dapat mengunjungi portal IWIC dengan alamat: www.i-wirelessinnovation.com, FaceBook Group di Indosat Wireless Innovation Contest – Internet & Technology Mobile serta www.indosat.com/iwic.   
 

“Kami berharap dalam proses penjurian para finalis nantinya dapat terlahir generasi muda yang unggul dan memberikan kontribusi dengan ide-ide yang inovatif dan kreatif dalam mengembangkan industri treknologi wireless di Indonesia.” demikian ditambahkan Adita Irawati.

 

Tentang Indosat
Indosat adalah penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan jasa selular (Mentari, Matrix dan IM3), jasa telekomunikasi tetap atau jasa suara tetap (seperti jasa SLI yaitu SLI 001, SLI 008 dan FlatCall 01016,  jasa fixed wireless yaitu StarOne dan Indosat Phone). Indosat juga penyelenggara jasa data tetap (MIDI) bersama-sama dengan anak perusahaannya yaitu, Indosat Mega Media (IM2) dan Lintasarta. Indosat juga menjadi pelopor penyedia  layanan seluler 3.5 G dengan teknologi HSDPA untuk pascabayar maupun prabayar. Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT) dan saham dalam bentuk American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York (NYSE:IIT).
 

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi

Corporate Communications
Telp : 62-21-3869614
Fax  : 62-21-3804045
E-mail : publicrelations@indosat.com
Website : www.indosat.com

%d bloggers like this: