Indosat Dukung Implementasi Internet Protocol Versi 6 (IPv.6)

Indosat Turut Berpartisipasi dalam
Indonesia Internet Provider v.6 Summit 2010 di Bali

Jakarta, 18 Juni 2010 – Komitmen Indosat untuk terus mendukung pengembangan jaringan internet di Indonesia, diwujudkan melalui partisipasi di acara Indonesia Internet Provider v.6 Summit 2010 yang diselenggarakan di Bali 8-9 Juni 2010 lalu. Acara yang bertemakan ”Mewujudkan Next Generation Internet melalui implementasi IPv.6 untuk Memberikan Akses Informasi kepada seluruh rakyat Indonesia” diprakarsai oleh Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia (APJII).

Internet Protocol (IP) Address adalah sistem pengalamatan jaringan yang merupakan bagian paling penting dari sebuah proses akses informasi dan komunikasi. Sejak 1983 hingga saat ini sistem pengalamatan yang umum dipergunakan adalah IPv4 dengan kapasitas alamat sebesar kurang lebih 4,2 milyar. Internet Assigned Numbers Authority (IANA), sebuah lembaga resmi internasional pengelola alamat IP mengeluarkan data bahwa jumlah alamat tersisa dari IPv.4 saat ini kurang lebih hanya 10% dari kapasitas awal atau sekitar 400 juta alamat saja. Jumlah ini tidak memadai untuk mengantisipasi perkembangan pengguna internet saat ini yang amat luar biasa ditambah lagi dengan adanya perkembangan teknologi telekomunikasi masa datang yang berbasis IP.

Melihat kondisi tersebut, IPv6 atau yang dikenal secara resmi sebagai IP Next Generation (IPng), dipersiapkan untuk menjadi inti dari teknologi internet masa depan. Berbagai kelebihan IPv6 dibandingkan dengan pendahulunya (IPv4) menjadikan teknologi ini layak diimplementasikan dan menjadi solusi kebutuhan internet ke depan.

“Saat ini pengguna internet semakin bertambah, sehingga dibutuhkan teknologi terbaru untuk layanan yang lebih baik dengan berbagai keunggulan. Infrastruktur Indosat yaitu Satelit Palapa-D dan Sistem Kabel Laut Jakabare telah siap untuk mendukung implementasi program IPv.6 ini untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada para pengguna internet. Hal ini sejalan dengan upaya Indosat untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.”, demikian disampaikan Prastowo M Wibowo, Group Head Satellite & Submarine Cable Indosat.

IPv.6 tidak sekedar menyediakan kapasitas pengalamatan yang ber-triliun kali lebih besar dari IPv.4, tetapi juga memiliki berbagai keunggulan lainnya seperti kemudahan konfigurasi, dapat lebih mudah mengenali perangkat yang berdekatan sehingga proses integrasi ke jaringan menjadi lebih mudah dan efisien, kompatibel dengan teknologi 3G, HSPA, WIMAX – terutama dukungan terhadap fitur mobility, mendukung ad hoc networking yang memungkinkan banyak orang bertemu dalam jaringan data tanpa memerlukan aplikasi khusus, mendukung efisiensi penggunaan jaringan khususnya pada jaringan broadband serta mendukung fitur keamanan karena IP security pada IPv.6 adalah mandatory.

Pada kesempatan yang sama, Indosat juga memberikan penghargaan kepada 3 perusahaan pelanggan korporat yaitu PT Indosat Mega Media (IM2), PT Berca Hardayaperkasa dan PT First Media sebagai apreasiasi karena telah memanfaatkan jaringan Indosat untuk memberikan layanan jasa WIMAX di Indonesia.


Tentang Indosat

Indosat adalah penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan jasa selular (Mentari, Matrix dan IM3), jasa telekomunikasi tetap atau jasa suara tetap (seperti jasa SLI yaitu SLI 001, SLI 008 dan FlatCall 01016,  jasa fixed wireless yaitu StarOne dan Indosat Phone). Indosat juga penyelenggara jasa data tetap (MIDI) bersama-sama dengan anak perusahaannya yaitu, Indosat Mega Media (IM2) dan Lintasarta. Indosat juga menjadi pelopor penyedia  layanan seluler 3.5 G dengan teknologi HSDPA untuk pascabayar maupun prabayar. Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT) dan saham dalam bentuk American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York (NYSE:IIT).

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :
Public Relations Indosat
Telp : 62-21-3869614
Fax  : 62-21-30003754
E-mail : publicrelations@indosat.com
Website : www.indosat.com

%d bloggers like this: