Dukung Program Pemerintah untuk Penamanan 1 Milyar Pohon Indosat Selesaikan Program Penanaman 43.000 Pohon


Jakarta, 20 April 2011 – Melanjutkan komitmen menjaga kelestarian lingkungan sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus mendukung program Pemerintah yaitu Penanaman 1 Milyar Pohon, Indosat telah berhasil menyelesaikan Program Penanaman 43.000 Pohon, yang diresmikan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di kantor Indosat Daan Mogot, Jakarta Barat. Program ini juga menjadi bagian dari program Indonesia Hijau, payung program CSR Indosat khusus untuk bidang lingkungan.

Program Penanaman 43.000 Pohon merupakan bagian dari Program Penanaman 1 Milyar Pohon yang dicanangkan Pemerintah secara nasional. Program yang dilakukan Indosat bekerjasama dengan para mitra serta didukung oleh Departemen Kehutanan ini telah berhasil menyelesaikan program penanaman 43.000 pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dimulai sejak November 2010, di beberapa wilayah seperti Jatiluhur, daerah aliran sungai Ciliwung, Citarum, Cisadane, Cihedeung, dan Ciapus, yang tersebar di 13 Kelurahan dan 1 Kecamatan di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

Berbeda dengan program sejenis lainnya, tidak hanya program penanaman, namun Indosat akan turut bertanggung jawab dalam program pemeliharaan bersama dengan masyarakat setempat secara partisipatif pada tahap awal, untuk selanjutkan kegiatan pemeliharaan akan diserahkan kepada masyarakat secara mandiri.

“Kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama, Indosat berinisiatif untuk turut mengambil peran aktif dengan mendukung program Pemerintah melalui Program Penanaman 43.000 Pohon ini, yang tidak hanya menanam namun juga turut memelihara untuk memastikan pohon yang kita tanam benar-benar tumbuh dan nantinya memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar”, demikian disampaikan President Director & CEO Indosat, Harry Sasongko.

Penanaman pohon difokuskan pada daerah pinggiran aliran sungai, dimana berdasarkan data lapangan, daerah sekitar aliran sungai merupakan daerah yang mengalami kerusakan cukup parah, meliputi kerusakan biofisik dan juga penurunan kualitas air. Kondisi ini juga semakin menurun dari tahun ke tahun.

“Fokus kegiatan kami di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) bertujuan untuk turut berperan memelihara kesinambungan ekosistem di daerah aliran sungai yang rawan banjir”, jelas Harry Sasongko.Dalam kesempatan ini, Indosat juga meresmikan program pembibitan dan pembuatan kompos yang berlokasi di kantor Indosat Daan Mogot. Program ini telah dilakukan sejak tahun 2008 untuk mendukung berjalannya program Indonesia Hijau.

Pelaksanaan program Indonesia Hijau juga diterapkan di lingkungan internal dengan menanam lebih dari 1000 pohon yang apabila telah berkembang baik, pohon-pohon tersebut secara rutin dialokasikan untuk kebutuhan penghijauan di kantor Indosat di Jakarta. Disamping itu juga dibuat 400 lubang biopori yang berfungsi sebagai lubang resapan air di lingkungan Indosat Daan Mogot.

%d bloggers like this: