QUALITY TEST JARINGAN SECARA BERKALA UNTUK MENINGKATKAN KEMUDAHAN BAGI PELANGGAN

Jakarta, 23 April 2012 – Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan selulernya, Indosat melaksanakan drive test secara berkala di wilayah operasionalnya. Pelaksanaan dilakukan dengan men-test kualitas layanan suara, sms dan data, di lokasi-lokasi utama, seperti sentra ponsel, perkantoran dan area perbelanjaan.Tim Indosat bersama pelanggan terpilih menggunakan mobil “Quality Test” untuk melakukan pengetesan secara statis atau bergerak. Pada hari ini, program drive test dilakukan di kota Jakarta dan sekitarnya, dan mengunjungi beberapa lokasi yaitu Plaza Senayan, Gedung BNI dan Sentra Ponsel Roxy. Hasilnya  memperlihatkan bahwa indikator-indikator kualitas layanan adalah diatas standar yang ditetapkan oleh regulator telekomunikasi. Dengan hasil ini, diharapkan pelanggan dapat menikmati layanan seluler Indosat dengan nyaman, akses mudah dan sinyal stabil.

 

Adapun, beberapa indikator pelayanan yang ditessaat proses berlangsung, adalah sebagai berikut :

 

  • Tingkat keberhasilan panggilan atau Succesful Call Rate (SCR) – 96 % (standar 90%)
  • Tingkat kegagalan panggilan atau Call Drop Rate  (CDR) – 2.15% (standar maksimal 5%)
  • Tingkat kesuksesan pengiriman SMS – 98 % (standar 95%)
  • Web browsing – waktu akses10 detik
  • Video streaming – 450kbps
  • Speed test atau pengukuran kecepatan 470 kbps – 5900 kbps

 

“Drive test kami lakukan secara berkala untuk memantau kualitas layanan seluler di lapangan yang akan menjadi masukan bagi kami dalam melakukan program pengembangan kapasitas dan cakupan wilayah layanan, termasuk upaya berkesinambungan untuk mengurangi kepadatan trafik komunikasi di wilayah-wilayah yang membutuhkan. Kami sangat memperhatikan kebutuhan pelanggan dan pengguna yang semakin meningkat dari waktu ke waktu bagi layanan suara, sms dan data”, demikian disampaikan Sonny Adiwidjaya, Head of Region Jabotabek & West Java Commercial Operation.

 

Seperti telah dipublikasikan sebelumnya, secara nasional, di tahun 2011, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk layanan suara, sms dan data, masing-masing sebesar 16% menjadi 14 juta Erlang/hari , 48% menjadi 1.2 Milyar SMS/hari dan 75% menjadi 100 Terabyte/hari. Khususnya layanan data, di 10 wilayah operasional Indosat, telah dilakukan perluasan cakupan layanan data 3G ke beberapa kota/kecamatan baru seperti di Bali (Denpasar, Badung), wilayah Sulampapua (Manado, Makassar, Pare-pare, Sindrap, Pinrang, Bulukumpa, Selayar), Sumbagsel (Desa Sukajadi OKU Timur, kota Baturaja dan kota Lubuk Linggau).

 

Tentang Indosat

Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan jasa selular, fixed line,  komunikasi data dan internet. Di akhir 2011, perusahaan memiliki lebih dari 50 juta pelanggan seluler melalui berbagai merek layanan antara lain Indosat Mobile, IM3, Mentari dan Indosat Internet. Indosat mengoperasikan layanan SLI melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall  01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia. Indosat adalah anak perusahaan dari Qtel Group. Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT) dan saham dalam bentuk American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York (NYSE:IIT).

 

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi

Public Relations Division

PT Indosat Tbk

Telp : 62-21-30442614

Fax : 62-21-30003754

E-mail : publicrelations@indosat.com

Website : www.indosat.com

%d bloggers like this: