Indosat Dukung Revitalisasi Pertanian Sumatera Barat Melalui Pemanfaatan TIK

Jakarta, 7 Mei 2012 – Indosat sebagai perusahaan penyedia telekomunikasi terkemuka di Indonesia, memiliki kepedulian untuk mendukung upaya-upaya peningkatan perekonomian nasional, termasuk peningkatan kemajuan sektor pertanian melalui program-program yang mendukung revitalisasi pertanian nasional. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kemudahan kegiatan para pelaku pertanian merupakan salah satu upaya untuk merealisasikan dukungan tersebut. Indosat bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Propinsi Sumatra Barat mengadakan Seminar dan Workshop ”Peran Strategis Kelembagaan Penyuluhan dan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Penyuluh Dalam Mempercepat Pembangunan Daerah dan Kemandirian Petani” yang selelnggarakan di Padang pada 19 April 2012. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 400 peserta dari kalangan penyuluh, pengurus Koperasi, dan pelaku industri pertanian.

“Media Teknologi Informasi dan Komunikasi bukan hanya kebutuhan masyarakat perkotaan, namun juga sudah menjadi kebutuhan ‘pokok’ masyarakat luas, termasuk bagi para petani. Untuk  itu, Indosat memperkenalkan kepada para petani peranan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mempermudah aktivitas di segala bidang termasuk salah satunya bidang  pertanian,” demikian disampaikan oleh Fadzri Sentosa, Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat saat penandatanganan Nota Kesepakatan Pengembangan Portal Pertanian antara Indosat dan Gubernur Propinsi Sumatra Barat selaku Ketua Badan Koordinasi Penyuluhan Sumatra Barat.
Melalui pemanfaatan TIK, para petani akan dengan mudah memperoleh berbagai informasi terkini seputar pertanian . Dengan sekali  ‘klik’, semua informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh setiap saat  seperti informasi musim tanam serta harga jual hasil pertanian. Tidak hanya informasi pertanian di suatu daerah, melainkan juga informasi pertanian secara nasional dan internasional dapat diperoleh dalam waktu singkat. Media Portal Pertanian  (website) yang akan disiapkan Indosat bersama-sama Bakoorluh Sumbar ini  akan berfungsi sebagai wadah untuk saling bertukar informasi antar pelaku pertanian dari tingkat desa hingga kecamatan, kabupaten/kota, propinsi dan nasional,”  tambah Fadzri Sentosa.

Pemanfaatan alat telekomunikasi seperti handphone dan komputer yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat  Indonesia, khususnya para petani,, dapat lebih dioptimalkan dengan memanfaatkan solusi yang disediakan oleh Indosat bersama Indosat Mega Media yang merupakan salah satu anak perusahaan Indosat. Indosat juga memberikan solusi lainnya, seperti Paket Untung UKM (solusi akses broadband internet hingga 2 Mbps), toko online  sebagai media untuk promosi produk, Indosat Internet, aplikasi-aplikasi untuk Usaha Kecil dan Menengah seperti  i-CRM dan i-koperasi, serta paket Indosat Mobile lainnya.



Photo Caption

Tampak dalam gambar Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat, Fadzri Sentosa (kanan) bersama Gubernur Propinsi Sumatra Barat, Prof. DR. H. Irwan Prayitno, Psi, Msc (kiri) usai saat penandatanganan Nota Kesepakatan Pengembangan Portal Pertanian di Padang Sumatera Barat.

sumber: www.indosat.com

 

%d bloggers like this: