Command Center Pantau Jaringan Indosat Selama Mudik Lebaran Mulai Beroperasi 16 Agustus 2012

Jakarta, 15 Agustus 2012 – Seperti tahun-tahun sebelumnya, trafik telekomunikasi selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama masa Mudik Lebaran, seiring dengan peningkatan berbagai aktifitas masyarakat menghadapi perayaan Lebaran. Memastikan kondisi jaringan telekomunikasi dalam kondisi prima agar pelanggan dapat berkomunikasi dengan lancar tanpa gangguan selama masa kenaikan trafik tersebut, Indosat mulai mengoperasikan Command Center Jaringan Indosat mulai H-3 Lebaran, yaitu Kamis 16 Agustus 2012.

Command Center Jaringan Indosat merupakan pusat pemantauan kondisi jaringan telekomunikasi Indosat secara terintegrasi yang beroperasi selama masa-masa puncak kenaikan trafik telekomunikasi Lebaran. Command Center akan memantau jaringan telekomunikasi Indosat secara nasional, memastikan kondisi jaringan dalam kondisi prima serta dengan cepat mendeteksi setiap gangguan jaringan  sekecil apapun yang mungkin terjadi, untuk selanjutnya ditangani secara cepat dan terintegrasi.

“Command Center Jaringan Indosat merupakan salah satu wujud komitmen kami untuk dapat mendukung pelanggan dalam berkomunikasi selama beraktifitas di masa-masa Mudik Lebaran, kapanpun dan dimana pun mereka berada, sehingga layanan Indosat dapat tetap mereka nikmati tanpa gangguan,” demikian disampaikan Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

Command Center Jaringan Indosat beroperasi mulai H-3 Lebaran yaitu 16 Agustus 2012 sampai dengan 21 Agustus 2012. Beroperasi selama 24 jam penuh dan berada di Kantor Pusat Indosat di Jakarta, namun memantau jaringan telekomunikasi Indosat di seluruh Indonesia, khususnya di sepanjang jalur mudik dan daerah-daerah tujuan mudik selama masa Lebaran 2012.

Selain Command Center yang beroperasi pada kondisi khusus seperti masa Mudik Lebaran, secara reguler pemantauan stabilitas dan kualitas jaringan telekomunikasi Indosat dilakukan melalui fasilitas Single Network Operation Center (SNOC) yang telah hadir sejak tahun 2004. Pada tahun 2010, SNOC menempati lokasi tersendiri di Serpong, Tangerang – Banten, dan menjadi pusat pemantauan jaringan terintegrasi untuk seluruh layanan Indosat baik seluler, SLI dan jaringan transmisi. SNOC akan memantau dengan cermat bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat.

Sementara itu, mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi selama masa Mudik Lebaran 2012, Indosat secara nasional telah meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibanding trafik regular hari biasa. Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa. Secara nasional, hingga semester I 2012, Indosat melayani lebih dari 50 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 21.039.


Photo Caption
Tampak dalam gambar, Director & Chief Marketing Officer Indosat, Erik Meijer (kiri), saat melakukan peninjauan Command Center di Jakarta dalam rangka menghadapi masa mudik Lebaran 2012

sumber: www.indosat.com

%d bloggers like this: